Friday 29 June 2007

Rendevouz avec Sonja




31 Mei 2007. Hari ini kita janjian bertemu dengan Sonja untuk ngobrol bagaimana aku bisa mulai belajar bahasa Slovenia. Sonja kebetulan temen baik Boza. Dia juga pengajar bahasa Slovenia di salah satu sekolah di Velenje. Ibu dari 2 anak. Kita janjian ketemu jam 5 sore di hotel Paka. Kebetulan hotel itu dekat dengan apartemen so tinggal jalan aja. Nyampe disana, 2 ibu ibu ini sudah duduk manis dengan ice creamnya. Disini masyarakatnya senang kongkow kongkow di cafe sekedar minum kopi atau ice cream setelah pulang kerja. Sonja berumur sekitar 40 an ke atas. Mungkin 45 th an. Orangnya ramah meskipun kita gak banyak ngobrol karena sepertinya dia kurang PD pake bahasa inggris :-) Dia lebih banyak ngobrol dengan suamiku. Dengan bahasa yang aku gak mengerti tentunya. Beruntung aku ada hal lain buat dilakukan ... menikmati ice cream strawberry :-) Tapi selama rendevouz sebenernya aku kedinginan. Hari ini cuaca lumayan dingin karena berangin. Nah aku lupa gak bawa mantel. Tuh kan. Parahnya kalo dah kedinginan, bawaannya pengen kencing melulu. Aku coba tahan. Ini orang orang enak aja ngobrol ngalor ngidul ... gak tau apa orang lagi kebelet ?!? Akhirnya setelah ngobrol hampir 2 jam, kita putuskan untuk pulang. Dari obrolan tadi, Sonja memberi masukan bagaimana aku bisa mencoba belajar sendiri tanpa kursus. Karena tempat kursus yang ada bahasa pengantarnya bukan Inggris dan biayanya lumayan mahal :-( So kalo si aku nya gak serius, ya cuma menguap aja duitnya, he ... he ... So first step is coba dulu belajar sendiri. Sonja kasih info juga buku yang bisa aku pakai, namanya A,B, C ... 1,2,3 ... Gremo! Buku ini khusus dipakai oleh orang-orang yang pengen belajar bahasa Slovenia karena dilengkapi juga dengan CD bagaimana cara mengeja kata. Sepulang dari sini, kita mampir ke toko buku yang kebetulan kita lewati. Beruntung ada, uf ... tapi harganya lumayan mahal lho, sekitar 32 euro. Kalo dirupiahkan sekitar 380 ribu. Berarti aku mesti serius nih belajarnya. Ehm ... bisa gak ya ?!? (BIG question for me too)

No comments: