Wednesday 13 June 2007

Ultah Kakek ...


20 Mei 2007. Hari ini si Kakek, Zlatko berulang tahun. Aku gak tau yang ke berapa. Yang pasti lebih dari 70 :-) Meski demikian masih tahes jalan-jalan keliling dunia lho. Dan ternyata bintangnya juga sama denganku, gemini, he ... he ... Kemarin, bapak mertua, boza dan Matej sudah kesini membawa cakes ultah. yummy! Dan hari ini, beberapa orang tampaknya sudah ada dibawah untuk merayakan. Sebenernya kita mesti berangkat ke Velenje. Tapi berhubung aku belum kenal beberapa dari mereka, akhirnya keberangkatan ditunda. Mereka adalah paman, bibi dan sepupu suami serta 3 orang tetangga dekat. Mereka datang dengan membawa wine, cakes, keju, roti, sayuran dan daging. Beginilah cara orang sini merayakan ulang tahun. Si tamu yang membawa makanan dan minuman. Bukan yang ultah yang harus mentraktir :-D Trus acaranya pasti lama. Karena selama makan disambi ngobrol. Dari mulai cerita sehari hari sampe jokes. Masyarakat sini memiliki segudang bahan gurauan dari berbagai daerah seperti Kroasia, Bosnia, Serbia dan Montenegro.Sayang aku belum paham bahasanya. Jadi ya diem dan ikutan ketawa aja :-) Dan satu lagi kebiasaan yang aku baru tahu ... mereka suka menyanyi lagu nasional di sela-sela obrolan. Aku tidak tau lagu apa yang dinyayikan, tapi suamiku bilang biasanya lagu-lagu itu liriknya sedikit 'nakal' dan berbau sarkastik. But its just for fun, dan orang-orang suka menyanyikannya pada saat berkumpul dengan keluarga atau teman. Pada saat bernyanyi, suara mereka sangat lantang dan bagus. Aku jadi teringat Indonesia yang juga memiliki banyak lagu nasional dan lagu daerah. Bahkan mungkin lebih kaya. Tapi kita sama sekali tak bangga dan suka menyanyikannya. Anak muda sekarang lebih suka nyanyi lagunya ungu atau dewa. Mungkin lebih keren :-)
Baru jam 10 malam kami baru pergi ke Velenje - dari rencana semula jam 7 malem. Nyampe, langsung istirahat karena besok suami mesti kerja.

No comments: