Monday 11 June 2007

Hari Pertama di Velenje ... bingung ...kikuk ...

14 Mei 2007. Semalam kita berangkat dari Brezno ke Velenje karena hari ini suami mesti kerja lagi :-( Kantor suami disini, jadi kalo pp lumayan capek dan berat diongkos karena harga bahan bakar disini mahal. Karena kita belum dapet flat di sini, jadi selama Senin sampe Kamis siang kita tinggal di flat mertua. Hari kamis sore balik ke Brezno. Terus terang, aku agak canggung. karena meskipun sudah pernah ketemu sebelumnya, mereka masih 'asing' buatku. Apalagi aku belum paham bahasanya. Kebetulan tinggal mertua laki-laki. Mereka disini cuma tinggal bertiga. Mertua, suamiku, dan adik laki-lakinya, Matej. Dia barusan lulus programmer komputer dan sekarang masih lagi hunting kerjaan. Suami dan bapak mertua bekerja di perusahaan yang sama, Gorenje, cuma beda bagian. Yang aku bingungkan kalo ntar ditinggal suami, trus sendirian di rumah dengan dia, apa yang aku obrolin??? Lagian orangnya pendiem banget dan kerjanya cuma didepan komputer. Kata suami ntar kalo aku butuh apa-apa misal belanja ke supermarket, minta aja diantar ama dia. Duh ... pusing nih gimana caranya?? Mending kalo orangnya rame, aku gak sungkan buat minta tolong. Takutnya aku malah merepotkan dia.
Jam kerja suami dari jam 7.30 sampe jam 15.30. Karena suami gak terbiasa sarapan yang berat-berat, aku cuma nemenin dia minum teh dan makan biskuit. Lumayanlah ... bisa memperingan tugasku sebagai ibu rumah tangga baru, he ... he ... Soalnya jam 6.30 masih ngantuk bener disini. Mungkin karena cuacanya yang dingin, pengennya terus di tempat tidur :-D
Jam 7:15, mereka akhirnya berangkat kerja. Tinggallah aku sendiri karena adik suami masih tidur. Bingung mesti ngerjain apa, aku nonton tv aja. Tapi kalo pagi gini, gak banyak acara yang bagus. Paling berita ... yang aku gak ngerti soal apa. Beruntung masih ada channel berbahasa inggris seperti Discovery, National Geografic, CNN, ama Travel. Ya itung-itung update pengetahuanlah :-) Baru sekitar jam 8 dia bangun. Pas papasan, dia cuma nyapa 'jutro' yang kependekan dari sapaan salamat pagi. Aku senyum aja. Mo ngomong apa lagi ??? he ... he ... Pokoknya kayak orang bego deh. Mo ngapa-ngapain masih kikuk, meskipun sudah ketemu beberapa kali. Dia masuk dapur buat sarapan, sedangkan aku masih asyik dengan tv. Ada beberapa serial amerika yang diputar di channel tv lokal sini. Namun, hampir semuanya film lama seperti Full House, Prince of Bel Air, McGyver, Stargate, atau Beverly Hills 90210. Bosen dengan tv, akhirnya aku maen internet dan chat dengan temen di kampung halaman. Padahal PC suami yang aku pake dengan PC dia berdekatan. Tapi sama sekali kita gak ngobrol. Dia asyik dengan games, aku asyik chatting :-D Mo ngajak ngobrol ... bingung topiknya apa. Tiba-tiba terdengar bunyi telp berdering. Dia angkat. Ngobrol bentar trus diberikan kepadaku. Ternyata suamiku yang telp. Dia nanya gimana keadaanku, apa yang aku lakukan. Trus nanya ntar mo masak apa. Weleh ... apa ya ... aku bingung jawabnya. Akhirnya yang gampang aja deh ... spagetti :-D
Oh well mau tidak mau aku mesti minta tolong diantar ke supermarket untuk belanja.Kebetulan dia juga mau kesana untuk beli roti. Disini roti seperti nasi. Dikonsumsi tiap hari ... untuk sarapan, makan siang atau makan malam. Sebenernya supermarketnya gak jauh sih. sekitar 5 menit jalan kaki. Tapi karena aku mesti beli bahan makanan yang mengharuskan aku berkomunikasi dengan penjaganya, sedangkan mereka tidak begitu paham bahasa inggris, jadi mau tidak mau aku mesti bawa penerjemah. Susah ya ... Tapi ya sudahlah ... dijalanin aja. Beruntung bapak dan adik suami ngerti bahasa inggris. Meskipun dengan kosakata yang terbatas aku masih bisa ngobrol dengan mereka meski sedikit.
Tapi hari ini ada berita bagus. Dokumen yang aku kirim ke Kedutaan Indonesia di Austria sudah aku terima dan sudah dilegalisir lengkap. Sekarang tinggal urusan verifikasi di sini. Ugh ... lagi-lagi birokrasi.

No comments: