Monday 15 October 2007

Lebaran day and Grega's Bday











12 Oktober 2007. Satelah dapat kabar kalo hari raya idul fitri di eropa jatuh tanggal 12 Oktober 2007, akhirnya kita putuskan bikin perayaan kecil buat ngerayakan kemenangan setelah 1 bulan berpuasa. Pas kebetulan tanggal itu Greg juga ngerayain ultahnya. Pas sekali momentnya. So kita mengundang mertua, pacarnya, adik ipar, kakek, Marija dan juga paman dan bibi dari Greg. Sebelum pulang ke Brezno kita belanja bahan-bahan yang diperlukan di kota Celje. Sesuai rencana, menu yang mau aku masak lumpia, soto daging dan lontong sate. Moga2 aja tamunya doyan masakan indonesia :-) So hari ini jam 7 aku dah bangun, padahal biasanya jum'at aku bangun agak siangan ... karena gak perlu bikinin Greg lunch buat di kantor, tapi berhubung banyak banget yang mesti dimasak ... so mesti bangun dari kasur dan nyiapin apa-apa yang perlu dimasak. Pertama aku mesti bikin lontong karena makanan ini yang butuh waktu. Sekitar 3 jam an. Trus sementara itu aku mulai masak untuk isian lumpia, trus daging untuk soto dan juga memotong daging ayam untuk sate. Setidaknya seharian aku berkutat di dapur. Jam 2 an pas suami pulang semuanya sudah kelar. Hanya untuk lumpia agar bisa disajikan hangat, aku mulai menggorengnya pukul 4:30.Sesuai rencana, jam 5 sore lewat bapak mertua, Boza dan adik ipar datang. Dan tentu saja mereka membawa kado buat yang ultah :-) Tak lupa juga cake ultah, bunga dan wine. Tak lama kemudian, paman dan istrinya datang.Mereka membawa apple pie dan kado. Kalo disini emang sudah tradisi tamu biasanya juga membawa sesuatu bila ada undangan. Entah itu cake atau wine. Sayang Marija tidak bisa dateng karena dia lagi repot dirumah. Pukul 5:30 sore akhirnya semua beres dan makanan bisa segera disantap.Menu pembuka, lumpia. Sengaja aku membuat 2 versi isi, 1 isi daging ayam, dan 1 isi daging cincang. Seneng sekali mereka menyukainya. 2 piring lumpia ludes dimakan. Karena ukurannya yang kecil2, mereka bolak balik nambah, hehehe ... Setelah rehat beberapa saat karena mereka kekenyangan lumpia, waktunya untuk menu ke-2, Soto Daging sapi dengan nasi. Karena mereka belum tau bagaimana cara memakannya, jadi aku mesti jadi role model :-) Begitu juga pas menu berikutnya, lontong sate ayam. Alhamdulillah mereka menyukai semua menu yang dihidangkan. Tak sia2 berjam2 aku masak :-) Hari ini si B-day boy dapat kado banyak, ada pijama (aku juga dapat lho :-)), coklat, dan voucher Laško Spa. Yang terakhir ini mesti buat berdua :-D. Dariku, tuk suamiku tercinta, akhirnya aku membelikan dia coklat cause he's so fond about it, mug teddy bear dan slipper karena punya dia dah dodol duel:-) Dan dia sangat menyukai slipper barunya karena sangat hangat dan alasnya terbuat dari karet. Ide beliin dia slipper muncul 2 hari sebelum hari H. Aku baru inget kalo punya dia dah jelek dan perlu ganti yang lebih baru. Dan aku tau kalo dia gak bakalan beli karena dia lebih mementingkan apa yang kuperlukan. Kejadian lucu pas aku coba cari2 bungkus kado di salah satu toko deket flat. Si penjual tidak begitu paham bahasa inggris, so pas aku nanya soal plastik yang ada di tokonya, apakah dijual meteran, tanpa meminta persetujuanku, eh dia langsung maen potong. Padahal aku belum ngomong kalo mo ambil. Untung aja harganya murah dan barang yang aku cari emang gak ada. Aku sebenernya pengen cari plastik bermotif yang biasanya buat bungkus parcel. Tapi ditoko tsb gak ada.
Anyway, setidaknya lebaranku tahun ini gak sesepi yang kubayangkan. Meskipun tak ada keluargaku, tapi aku bisa berkumpul dengan keluargaku yang baru. Sedih bila ingat ortu dan adek2 dirumah. But life goes on. Aku berusaha tidak mengingatnya karena itu hanya akan membuatku sedih dan menangis. Kalo ada rejeki, pasti aku kan pulang dan bertemu mereka lagi. Met lebaran semua, mohon maaf lahir dan batin (Happy Eid Day, forgive everything i've done that might be hurt you). Oh and happy birthday for my beloved husband! :-)

No comments: