Wednesday 3 October 2007

Indo - Slo Picnic 2007

1- 2 September 2007. Akhirnya kita putuskan berangkat piknik hari Sabtu. Jam 5 pagi aku sudah bangun karena kita mesti berangkat paling lambat jam 6:30 agar bisa sampe disana jam 10 an. Semalam aku sudah packing baju dan perlengkapan yang kita butuhkan selama disana. Dan kayaknya kita gak akan kemah karena cuaca sekarang lagi dingin. Perlengkapan kemah yang kita punya gak begitu komplit, kita gak punya bantal khusus untuk kemping di cuaca dingin. Dan kita gak ada waktu untuk shopping. So daripada ntar aku sakit karena kedinginan, kita ambil keputusan untuk menginap di hotel saja. Tapi just in case, kita tetep bawa tuh perlengkapan. Biasalah ... si ibu Tatie ini selalu suka nambah2 kerjaan, hehe ... Itupun setelah adu argumentasi dengan suami, hehe ... Jam 6:15 kita berangkat dari rumah. Estimasi perjalan kalo menurut info dari internet sih 3 jam an. Tapi, harapan tinggal harapan karena ternyata perjalanan tidak sesuai jadwal. Banyak jalanan yang ditutup karena sedang diperbaiki sehingga antrian lumayan panjang di jalan tol. Apalagi untuk menuju Soca camp, kita mesti melewati gunung yang jalannya berkelok-kelok ... bikin pusing dan mual kalo gak tahan. Sampe di Vršič passing kita berhenti sebentar karena suami mo ngisi perut :-) Aku manfaatkan juga buat foto2 karena pemandangannya amat sangat bagus. Cuma mesti tahan dingin .... karena berangin dan dinginnya menusuk sampe tulang. ...brrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr!!!! Cepet2 setelah potret sana sini, kita balik ke dalam mobil, idupin heater dan tancap lagi menuju Soca. Prediksi kita bakalan nyampe disana jam 10, ternyata molor sampe jam 11. Kita juga sempet nyasar ke Klin camp karena aku salah baca peta, hihi ... Soca camp ternyata masih 500 m naek ke atas. Beruntung ada papan petunjuk di depan camp, Slo - Indo piknik 2007. Pas nyampe disana, suasananya sepi. Cuma ada ibu2 dan bapak2 lagi masak. Aku tanya mereka, ternyata para peserta lagi tracking. Wah sayang kita gak bisa ikutan :-(( Akhirnya kita putuskan untuk jalan2 sendiri keliling area sungai Soca dan ke Lepena. Sungai Soca terkenal dengan sebutan 'Emerald river' karena warna airnya yang hijau seperti batu emerald dan sangat jernih.Tapi kalo tidak kuat, jangan coba untuk berenang karena airnya sangat dingin seperti air es. Padahal melihat ketenangan dan kejernihan airnya sangat mengiurkan, hehe ... Tak heran banyak sekali turis dari jerman, austria dan belanda yang datang kesini untuk kemah dan bermain kayak karena di sekeliling area ini ada beberapa autocamp. Pas musim panas, biasanya fullbooked. Menjelang tengah hari, sekita jam 12 an, kita putuskan untuk kembali ke lokasi kemah. Tadi mba Patria telp ke HP ku mengabarkan kalo mereka bakalan balik pas makan siang. Di lokasi tampak sudah disiapkan makanan dan minuman. Yang menarik hatiku cuma 1, TAHU :-)))) Sudah 4 bulan aku gak makan benda 1 ini. Begitu dapat tempat duduk, aku langsung ambil beberapa tahu dan lombok. Ehm ... begitu langkanya makanan ini di Slovenia ...begitu masuk mulut rasanya sangat uenaaaaaaaaaaaaak ... makanan di restoran yang termahalpun kalah, hahaha ... Tak lama kemudian, rombongan datang. Akhirnya aku ketemu dengan Patria dan suami, Bojan dan juga kenalan dengan beberapa teman yang lain.Ada 4 orang bapak2 yang sudah tinggal disini lebih dari 40 tahun!!! Mereka malah sudah memiliki cucu :-) Ada yang dari Bali, Purwokerto, Malang, Padang. Sayang ada beberapa yang tidak bisa hadir karena berhalangan. Akhirnya aku ketemu juga dengan Mr. Arne dan pak Kukuh, staf KBRI yang selama ini banyak membantuku mengurus surat2. Mereka semua ramah dan baik. Tak lama kemudian, Bapak dan ibu duta besar datang. Setelah acara santai, akhirnya acarapun dimulai. Diawali dengan sambutan dari ketua panitia, si Mr. Bojan. Kemudian dilanjutkan sedikit sambutan dari bapak dubes. Pada kesempatan ini, beliau juga meresmikan perkumpulan keluarga Indo-Slo dan ketuanya Mr. Bojan. Acara selanjutnya games untuk anak2 dan juga dewasa. Games yang dilakukan seperti permainan2 yang biasa kita lakukan pada saat acara 17 an, yakni membawa kelereng di dalam sendok, memasukkan paku ke dalam botol. Aku yang selama 17 an di kampung tidak pernah ikutan maen karena malu, hari ini begitu semangat ikutan. Apalagi oleh Greg aku disuruh join. Sayang aku kurang jado di permainan kelereng. Tapi akhirnya aku menang ... juara 1 lagi ... di games memasukkan paku. Bahkan aku mengalahkan Greg, hehehe... Seneng banget bisa menang. Yang lucu, permainan ini juga dilakukan oleh para bule2. Bahkan ada salah satu bule, begitu penasaran bagaimana memasukkan paku ke dalam botol ...hingga sampe permainan selesai dia terus mencoba ...meskipun pemenangnya dah ketahuan, hahaha ...Ada juga games khusus warga Slovenia. Tantangannya menyebutkan nama2 kota di Indonesia. jawaban yang paling banyak dan bener, dialah pemenangnya. Sayang suami tercintaku tidak menang ... :-( Kayaknya perlu di traning nih, hehe ... Setelah itu kita semua didaulat untuk joget poco-poco. Ibu dubes jago banget joget ini. Aku coba menirukan beliau, tetep gak bisa2 langkah2nya, hehe ... Malam hari acaranya cuma makan malam dan juga ada api unggun. Menu makan malampun tergolong langka di sini ... rawon dan soto daging, disamping kentang ada juga ketela pohon. Waduh ... menggoda sekali ..apalagi rawon. Selama disini aku gak bisa masak makanan itu karena tidak nemu kluwek, hehe ... Ibu2 juru masak KBRI juga baek banget ... aku disuruh ambil yang banyak ... karena tau aku jarang2 makan tuh makanan. Jadi malu ... kayak orang kelaperan, haha ... Si Greg juga suka karena Rawon makanan kesukaan dia kalo pas maen ke Indo. Sekitar jam 9, panitia dan menyiapkan api unggun dan karena cuaca sudah amat dingin, kita dipersilahkan untuk kumpul di sekelilingnya sambil menikmati jagung bakar. Nah, si Greg nih paling demen ama jagung ... kayakya dia suka semua ya, hahaha ... Tapi beneran ... kalo ama jagung dia seperti nemu harta karun, hahaha ... Matanya langsung berbinar2 kayak anak kecil dapet maenan baru. Maklum sih, jagung selain jarang juga mahal disini. Kalo di indo, 10 rb bisa makan sepuasnya, disini 2 jagung mentah harganya 1.70 euro. Selesai acara api unggun, kira2 jam 11 kita akhirnya balik ke hotel. Sesuai rencana awal, kita putuskan untuk tidak tidur di tenda karena cuaca yang sangat dingin. Kita nyewa kamar di Pension Camp Klin, agak jauh dari lokasi kemah karena kamar yang disewakan di lokasi perkemahan dindingnya terbuat dari kayu jadi tak bakalan hangat. Jadi sama aja dengan tidur di tenda, cuma pake kasur :-D Harga kamar di Pension camp Klin kalo pas off season gini per orang 20,46 euro tanpa breakfast. Untung sarapan dah disiapkan panitia :-) Keesokan harinya, setelah sarapan pagi kita jalan ke air terjun Šunik. Dari lokasi perkemahan, mungkin sekitar 1 km naek mobil. Sampai di lokasi kita harus jalan kaki, tapi tidak begitu jauh. Air terjun meskipun tidak sebesar Niagara, tapi keindahannya tidak kalah :-) Airnya sangat jernih dan dingin dan kita bisa langsung meminumnya karena air ini mengandung mineral2 yang bagus untuk tubuh. Sumber dari air terjun ini adalah sungai Soca. Pukul 11.30, akhirnya kita pamit pulang karena perjalanan yang kami tempuh jauh.
Dalam perjalanan pulang, kita mampir sebentar untuk melihat dari jauh air terjun Boka. Kita tidak memungkinkan untuk melihat dari dekat karena perjalanan menuju kesana jauh dan mendaki gunung. Satu hal yang pasti, kita, khususnya aku pulang dengan membawa kenangan yang manis. Aku sangat berharap akan bisa selalu bersilahturahmi dengan temen2 Indo disini. For more pictures, you can visit http://tatiesby.multiply.com/photos/