Tuesday 16 October 2007

Babysitting Gasper


15 Oktober 2007-19 Oktober 2007. Semalam ditelpon Borut, sepupu suami, minta tolong apa aku bisa babysitting anaknya, Gasper selama dia sakit batuk. Kebetulan Borut dan Monika tidak bisa jagain dia karena mereka berdua mesti kerja. Si ibu mesti kerja dari jam 7 sampai jam 1 ato 2 siang karena dia seorang guru. Sedangkan bapaknya kerja dari jam 7:30 sampai jam 4 sore. Biasanya sih dia dititipkan di penitipan macam pre-school. Sebenernya sih ada si babi (babi tuh panggilan untuk nenek disini). Kata itu kependekan dari 'babica' yang artinya nenek. Anyway, babi gak bisa jagain dia dari pagi karena dia punya rutinitas di pagi hari. Dia baru bisa bantu jagain jam 10 ato 11 siang. Aku pikir gak masalah buat aku jagain si Gasper. Kekhawatiranku cuma aku belum pernah jagain bayi umur 2 th. Trus lagi aku juga belum paham bahasa sini. Takut juga aku gak paham kalo dia rewel ato minta sesuatu. Tapi ortunya meyakinku kalo dia anaknya gak rewel dan bisa diajak kerjasama, hehe ... So sebelum pergi ke Velenje, kita mampir ke tempat mereka di Mojirze. Mereka jelasin apa-apa aja yang mesti aku perhatikan pas jagain dia, dimana tempat mainannya, tempat pakaian kalo butuh pampers, kapan waktunya makan, waktunya bobok, dll. Tapi untuk makan dan bobok siang ntar si babi yang ngurus. Soalnya emang rada susah buat bikin dia tidur. Jadi mesti sama orang yang udah dia kenal dan tau bahasanya.Aku liat dia punya banyak koleksi mainan dan buku cerita. 3 laci penuh mainan, belum yang di lemari. Sungguh beruntung...padahal harga mainan anak dan buku cerita disini lumayan mahal. Setelah dapat detailnya, aku terima tawaran mereka ... disamping bosen juga di rumah terus. Itung2 cari pengalaman ngurus anak orang sebelum ngurus anak sendiri :-) Si Greg juga udah kasih ijin. So start dari hari ini sampe hari jum'at. Hari ini aku mulai. Jam 6 sudah bangun karena Borut akan jemput jam 7:30 sepulang dari rumah sakit ngantar Gasper check up. Gasper dah gak asingl ama aku, so gak begitu susah bermain dengannya. Malah kata ortunya dia sangat antusias begitu tau aku akan menjaga dia. Seringkali dia menanyakan kepada mereka soal aku dan Grega. Singkat kata selama menjaga dia, tidak begitu bermasalah. He is such a friendly and nice boy :-). Pukul 8 pagi biasanya aku suapi dia dengan fresh bread yang dibeli di bakery depan rumah. Nyuapinnya mesti sambil nonton 'Nodi' - vcd kesukaannya. Dengan begitu baru dia akan lahap makan. Setelah itu kita mulai bermain, entah bermain mobil2an, puzzle ato, bum-bum alias maen loncat2an di tempat tidur, petak umpet, ato masak2an. Dia tipikal anak yang gak bisa diam. So kalo bosen dengan suatu hal, dia akan cari kesibukan baru yang lain ... entah itu pergi ke dapur kemudian mengeluarkan loyang2 yang ada di oven ato membuka laci lemari dapur dan mengambil sebungkus pasta. Itu berarti dia akan bermain masak-memasak. Seperti anak kecil lainnya, yang pasti acara memasak gak bakalan adem ayem ... kalo dah ilang mood dia akan melempar-lempar pasta ke lantai sambil ketawa2 karena dia anggap itu sesuatu yang fun dan lucu. So tugas babysitter nya nih buat membersihkan :-)) Untuk masalah komunikasi memang rada susah karena aku gak paham bahasa slovenia. Padahal dia ngoceh dan selalu ngajak ngobrol. Aku sih tau beberapa kalimat dan kata, selebihnya pake bahasa inggris. Pernah suatu ketika setelah kita maen bum-bum, tiba2 dia menggosok2 punggungnya sambil ngomong 'ogenj!ogenj!'. Aku pikir dia gatal, akhirnya aku gosok2 pungungnya. Pas nyampe dirumah aku tanya si Greg apa artinya ... dan dia bilang itu artinya dia kepanasan dan minta punggungnya ditiup2 biar dingin. Olala ... hahahaha ... baru tau. Pantes kok setelah aku gosok2 dia tetep aja bilang 'ogenj!ogenj!' hehehe ... Paling tidak aku belajar kata2 baru juga dari dia. Hari terakhir, kita diundang makan siang di restoran cina. Lumayan juga karena aku beberapa bulan gak makan di resto cina.Senengnya lagi di Greg dapat kado ultah dari mereka dan aku mendapat 'amplop' ucapan terima kasih. Isinya lumayan buat ditabung, hehehe ...

P.S : This picture was taken on our wedding reception in Velenje.
For Borut and Monika, if you mind i put this picture here, let me know :-)

No comments: