Wednesday 3 October 2007

First Ramadhan in Slovenia


13 September 2007. Tak terasa Ramadhan sudah datang kembali. Sepertinya baru kemaren aku dibangunin ibu buat makan sahur ... kadang rada2 cemberut juga karena masih ngantuk, hehe ... Anak2 muda di kampung suka juga mbangunin orang2 dengan alat musik ala kadarnya. Trus makan bareng, nonton banyolannya Tessy di TV sambil nunggu subuh tiba. Pas di kantor, kadang waktu terasa sangat lama ... apalagi kalo gak ada kerjaan ... ngerumpi juga gak bisa karena lagi puasa ... gak boleh ngomongin orang lain ...dosa, hehe ... Pokoknya gak sabar denger adzan maghrib. Kalo pas lagi lembur di kantor, biasanya dapat jatah buka. Kalo gak tempe penyet ama telur, nasi padang ato ayam goreng. Minumnya jus jeruk. Pokoknya mantaps dah! Di rumah, ibu juga biasanya bikin menu yang rada spesial ... pembukanya biasanya kalo gak es cao, es campur ato es apukat ...pokoknya yang manis2.Belum lagi jajanan seperti lumpia, tahu isi, pisang goreng. Kadang makan itu aja sudah kenyang. Makanya makanan utamanya biasanya dimakan setelah sholat terawih.
Tapi puasa tahun ini, dan mungkin seterusnya, nggak akan sama :-(( Tidak ada lagi ibu yang bangunin aku, nggak ada lagi sahur dan buka bersama, nonton banyolan Tessy di TV, dan sholat terawih jamaah :-(( Apalagi aku tinggal di negara yang mayoritas non muslim. Tidak ada sama sekali suasana ramadhan. Puasa aku jalanin sendiri ... bangun dan makan sendirian :-(( Kadang aku berkhayal andai aja aku menang lotere sampai milyaran, aku kan pulang setiap ramadhan dan hari raya, agar selalu kurasakan suasananya. Tapi memang sudah jadi pilihan hidup ... apapun itu mesti aku terima dengan hati ikhlas, bahasa jawanya legowo. Mungkin suatu hari nanti aku bisa mendapatkan suasana itu. Doaku saat ini hanya agar diberi kesabaran supaya bisa menjalankan puasa dengan mantap dan mampu menahan segala godaan.
Dan buat semua teman dan keluargaku, Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan ... semoga segala amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT ... Aku juga mohon maaf lahir batin kalo ada salah kata ya

No comments: