Thursday 12 July 2007

Akhirnya dapat juga ...


20 Juni 2007. Kemaren suami kasih kabar gembira, katanya ijin tinggalku sudah di approved dan bisa diambil hari ini. Akhirnya ... lega rasanya ... satu masalah sudah selesai. So hari ini, setelah suami selesai kerja, kita pergi ke kantor unit administrasi. Kita nyampe disana sekitar jam setengah 5 sore. Antrian cukup panjang karena summer vacation segera tiba. Orang2 sibuk mengurus perpanjangan paspor agar bisa keluar negeri buat berlibur. Kita berdiri di antrian cukup lama, hampir 1 jam an sebelum akhirnya mendapat giliran. Suami menjelaskan maksud dan tujuan kami. Setelah melakukan pengecekan, si petugas mengeluarkan 2 lembar kertas (dijepret) dan diserahkan ke suamiku. Aku liat apa isinya, tapi aku tidak mengerti karena diketik dalam bahasa Slovenia. Setengah berbisik aku bertanya ke dia 'what is it?' dan dia menjawab, 'Its your permit'. Ehm ... kok begini bentuknya ??, pikirku dalam hati. Bayanganku (dan juga suami), mereka akan memberi stempel di dalam paspor RI ku. Tapi aku tidak bertanya lebih jauh karena suami dan petugas masih saling berbicara. Kemudian aku dan dia diminta tanda tangan di selembar kertas kecil. Akhirnya selesai dan kita bisa pulang. Di perjalanan, suami menjelaskan kalo untuk ijin tinggal, bentuknya bukan stempel tapi seperti surat keterangan. Dan aku mendapatkan ijin tinggal selama 5 tahun, tapi setiap tahun mesti lapor (sekiranya ada perubahan, misal pindah alamat). Yang dipermasalahkan oleh suami 'kenapa kok tidak dibikin dalam 2 bahasa?', 'bagaimana bila dalam kurun waktu itu, aku ingin pergi ke Indonesia, dan ketika aku balik ke Slovenia, bagaimana menjelaskan ke petugas imigrasi bila tidak ada tanda apapun di paspor mengenai ijin tinggalku???', sedangkan surat keterangan yang ada hanya dalam bahasa Slovenia. Disamping itu, meskipun aku sudah mengantongi ijin tinggal, ternyata untuk pergi ke negara tetangga, misal Austria atau Itali, aku masih membutuhkan visa karena Slovenia belum masuk dalam Schengen. Sehingga kami mesti menunda dulu keinginan untuk pergi keluar Slovenia. Rencana awal tahun 2008 Slovenia akan masuk dalam Schengen. Oleh karena itu, dia akan bertanya lebih lanjut ke departemen luar negeri sini. Anyway, despite all those stuffs, I feel relieve that finally i got it.

No comments: