Wednesday 23 May 2007

What a tiring trip!!


1 Mei 2007. Akhirnya kumulai juga perjalanan ke Slovenia. Sudah kubayangkan pasti akan sangat melelahkan. Jam 10 pagi tepat aku berangkat dari rumah. Pesawat Garuda tujuan Sby - Jakarta, take off jam 12 tet. Jarak dari rumah ke bandara lumayan jauh. Apalagi sekarang bandara Juanda sudah pindah ke lokasi yang baru. Akhirnya sampe juga ... pukul 11.30 ... ya ampuunn ... aku telat check in. setelah tangisan bombay dengan keluarga, berat hati aku harus meninggalkan mereka untuk waktu yang tak bisa kutentukan. Di counter Garuda, sudah tidak ada yang check in. semuanya sudah siap2 boarding. Mba penjaga counter dengan cepat men-check in kan aku. Yang ku khawatirkan hanya satu ... bagasi. Pasti overlimit. Dugaanku benar. Bagasiku over 5 kg dari batas maksimal 30 kg o ... o ... Si mba nya bilang aku mesti bayar di loket bagian excess luggage. Waduh ... kan pesawatku udah mo boarding. Aku minta agar bisa bayar di check in aja. Tapi mba nya menolak. Akhirnya dengan pertimbangan waktu, aku dipersilahkan boarding dengan tanpa membayar bagasiku yang over limit. Ugh lega rasanya ... terima kasih Garuda.
Selama di pesawat, pikiranku tak jauh jauh dari masalah bagasi. Yang pasti aku harus membayar overlimit waktu check in di counter Air France karena maksimal 20 kg. Ehm .... pasti mahaaaaaaaaaaaaal!!!!:-((
Jam 1 lebih 15 pesawatku landing dengan selamat di bandara internasional Soekarno Hatta. Segera aku ambil bagasi dan menuju ke terminal keberangkatan internasional. Aku sudah lupa dimana tempatnya. Seorang pria dengan sedikit 'memaksa' menawarkan jasa untuk mengantarku keatas. Aku sebenernya sudah mencoba untuk menolak karena pasti ini tidak gratis. Tapi dia tetep memaksa. Dugaanku gak salah. Hanya mengantarku ke atas saja, aku harus memberi dia 50 ribu rupiah. Aku sempet protes ... 'MAHAL AMAT??' Dia jawab 'ya emang segitu.itung2 juga membantu'. Uh! membantu ??? Aku yakin banyak orang yang merasa tertipu oleh 'niat baik' mereka.
Anyway, akhirnya kutemukan terminalnya. Pesawatku masih sekitar 4 jam lagi. Tapi jam 3 sore aku sudah harus check in. Tak banyak yang bisa dilakukan di ruang tunggu depan terminal. Hanya beberapa restauran dan cafe kecil-kecil berderet. Banyak calon penumpang lalu lalang dan duduk-duduk sambil membaca koran atau ngobrol. Jam 3 tepat, aku masuk ke dalam. Aku mengantri di counter SQ karena aku mesti transit dulu di Singapura sebelum naek Air France. Deg ...degan juga memikirkan berapa aku mesti bayar untuk over limit bagasi. Tentunya sekarang aku tak akan seberuntung waktu check in di Garuda. Di depanku, 2 orang berperawakan besar masih check in. Kalo diliat dari pakaian dan sosoknya, dugaanku mereka dari Afrika. Aku liat bagasi yang dibawa banyak sekali dan besar-besar. Sekitar 6 buah. Aku perhatikan, mereka tidak kena charge. Wah ... ada sedikit perasaan lega. Akhirnya giliranku tiba. Aku masukkan bagasiku yang paling besar. 24 kg beratnya. Aku tunggu reaksi petugas counter. Lalu dia bertanya kalo bagasiku cuma 1. Aku jawab ada 1 lagi, yang rencananya mo aku bawa ke pesawat. Dia sarankan untuk memasukkan ke bagasi karena ada regulasi baru terkait masalah barang bawaan penumpang, misalnya barang-barang yang mengandung cairan. Takutnya di bandara Changi aku dapet masalah. Akhirnya 2 koperku masuk bagasi. Aku tunggu tanda-tanda dari petugas jika aku kena charge. Alhamdulillah ... ternyata tidak ada. Uh!! Tau gitu aku bawa bekal bumbu-bumbu masakan indonesia yang banyak :-((
Perjalanan ke Singapura lancar. Pelayanan SQ memang sangat baik. Sampe di bandara, aku diberikan personal assistance to get Air France check-in so that i wont get lost. Another waiting at the airport. Sekarang aku harus menunggu sekitar 4 jam. Pesawat baru take off jam 11 malem. Uh capeknya!!! Perjalanan Singapura - Paris sekitar 17 jam. Kebayang kan pantat bakalan panas karena duduk, he ... he ... Diatas pesawat, hiburan cuma video plus radio. Untungnya tiap penumpang dapat personal tv.
Pukul 6 pagi lebih sedikit, pesawat landing di bandara Charles De Gaule, Paris. Hari masih sangat pagi dan sangat dingin. Aku mulai merasakan perubahan cuacanya. Maklum di Surabaya, sudah terbiasa dengan hawa panas yang menyengat. Segera kupakai jaket dan turun dari pesawat. Lega rasanya bisa berdiri dan melemaskan kedua kakiku. Aku masuk ke dalam bis yang mengantar kami ke terminal kedatangan. Connecting flight ku ke Slovenia jam 1 siang. Jadi aku tidak diburu waktu. Sebenarnya aku bisa ambil flight jam 7:30. Tapi suamiku khawatir aku akan terburu-buru. Apalagi aku sama sekali tidak tau situasi bandara disini. Lagi-lagi aku harus menunggu. Uf!!!! Badanku sudah sangat capek. Rasanya seperti dipukuli maling :-) Mata rasanya ingin terpejam. Aku duduk termanggu. Di depan kursi tempatku duduk terdapat deretan counter untuk connecting flight. Lalu lalang penumpang berlarian menuju terminal keberangkatan. Keadaan sudah sepi. Disebelahku duduk seorang gadis cantik berambut panjang, dengan dandanan ala artis (menurut ukuran Indonesia :-)), jaket kulit, rok pendek dan sepatu boot, berusia kira-kira 17 tahun dan seorang kakek.Mereka tampak serius bercakap-cakap. Sebelumnya aku melihat mereka berjalan melewatiku menuju pintu keluar. Tiba-tiba, gadis itu bertanya ' do you have a cellphone?' 'No, I dont have it' jawabku. 'Ok, thanks' jawabnya dengan kecewa. Aku berpikir kenapa dia butuh telpon ya ... Tapi aku ga tanyakan alasannya. Aku baru tau alasannya setelah mereka menanyakan ke tiap orang untuk pinjam telpon. Mereka ingin menelpon keluarganya di Paris karena ternyata paspor mereka ditolak oleh pihak imigrasi Perancis, sehingga mereka tidak dapat keluar dari airport. Mereka tidak dapat masuk sebab mereka berasal dari Rusia (Chechya). Putus asa karena tidak ada yang membantu, si gadis menangis. Kasihan sekali. Entah apa yang terjadi selanjutnya. Yang pasti, akhirnya polisi membawa mereka berdua ke dalam pos pemeriksaan.
Uf!Jam 12 siang. Aku bergegas menuju terminal 2b. Sebelumnya aku sudah check in di Singapura. Jadi aku tidak perlu check in lagi. Gate ku no 24. Jam 1 tet, pesawatku take off menuju Slovenia. My husband .... here I come!!!! :-D

No comments: