Thursday 17 May 2007

Tak Kenal maka Tak Sayang


Ketika orang menyebut Slovenia, yakin tak banyak orang yang tahu. Itulah pengalamanku kali pertama mengatakan akan tinggal disana. Orang akan selalu balik bertanya ... dimana itu ??? Kebanyakan orang berasumsi Slovenia merupakan bagian dari Rusia. Bahkan ada yang menyamakan dengan Slovakia ... he ... he ... mungkin karena nama kedua negara ini hampir sama. Secara geografis, keduanya memang sama, sama-sama berada di daratan eropa. Akhirnya yang bisa kulakukan hanya menjelaskan kepada setiap orang dimana sebenarnya negara ini. Memang wajar jika tak semua orang tau keberadaannya. Slovenia bukan negara besar seperti Jerman, Perancis, Spanyol, Inggris atau negara besar lainnya di Eropa yang memang sudah dikenal di seluruh dunia. Bahkan Indonesia yang menurut ukuran kita besar, tak semua orang tahu. Namun orang akan tanggap ketika kita menyebut Bali. Banyak diantara mereka yang tidak tahu kalo Bali adalah bagian dari Indonesia. Sangat miris, bukan ? Lain halnya dengan Slovenia. Negara ini luasnya hanya 20.273 km2, sedikit lebih besar dari pulau NTB. Jumlah populasinyapun hanya 2 juta orang. Lebih sedikit daripada kota kelahiranku, Surabaya, he ... he ...
Republik Slovenia adalah negara pesisir Sub-Alpin di selatan Eropa tengah berbatasan dengan Italia di sebelah barat, Laut Adriatik di barat daya, Kroasia di selatan dan timur, Hungaria di timur laut, dan Austria di utara. Negara ini adalah bagian Austria-Hongaria pada 1918 dan kemudian menjadi bagian Slovenes (Kroasia dan Serbia) pada 29 Oktober 1918 - 1 Desember 1918, Republik Federal Sosialis Yugoslavia dari tahun 1945 hingga memisahkan diri dan merdeka pada tahun 1991. Sejak tanggal 1 Mei 2004 sudah menjadi anggota UE.

Di blog ku yang sederhana ini, aku coba sedikit berbagi cerita. Itung-itung daripada nganggur gak ada yang dikerjakan, aku mencoba membagi sesuatu yang mungkin bisa menambah ilmu dan bahan obrolan. Sesuai pepatah, tak kenal maka tak sayang. Semoga ceritaku tentang Slovenia bisa menginspirasi orang lain untuk lebih mengenalnya.