Tuesday 24 May 2011

Anugrah Terindah


24 Mei 2011. Alhamdulillah hari ini tepat masuk minggu ke-28, tepat bulan ke-7 dirimu tumbuh di dalam rahim bunda, sayang .... Tendanganmu semakin kuat dan sudah membuat bunda susah tidur di malam hari :-) Semoga semua lancar dan akan kulihat tangisanmu dalam beberapa bulan lagi ... sudah tak sabar bunda untuk memelukmu dan bercanda denganmu.

Dan hari itu, 15 Desember 2010, adalah hari paling membahagiakan. Engkau adalah hadiah tahun baru awal buat kita berdua.

Mempunyai keturunan adalah impian setiap pasangan ... seperti halnya impian seorang wanita untuk menjadi ibu. Namun terkadang tak gampang untuk mendapatkannya atau tak gampang untuk memutuskan memiliki buah hati. Ketika kita memutuskan untuk menikah, saat itu, detik itu pula, semua orang di sekitar kita 'berharap' kita mendapatkan keturunan. Akan ada selalu muncul pertanyaan di setiap ketemu saudara, teman sekolah, teman kerja bahkan kenalan 'sudah punya anak?', 'kapan punya baby?' atau jika dijawab belum punya, akan ada pertanyaan yang lebih menohok 'lho belum punya ... kan udah menikah lama ... kenapa? suami gak mampu ya? apa perlu dibantuin?' ... Nah pertanyaan seperti ini yang sangat menyinggung ... mungkin si penanya bermaksud cuma guyon, tapi tanpa disadari pernyataannya sedikit banyak menimbulkan rasa tak nyaman bagi yang ditanya. Namun demikianlah hidup di society yang 'terbiasa' ingin tahu kehidupan orang lain. Walaupun kita sudah hidup jauh dari mereka, dengan teknologi yang sekarang ada, tidak bisa dihindari. Terkadang capek juga melayani pertanyaan yang sama ... over and over again. Mereka tidak menyadari kalau mungkin ada alasan tersendiri yang membuat pasangan tidak/belum mempunyai keturunan dahulu. Seperti halnya kita, untuk hal satu ini kita memutuskan untuk tidak tergesa-gesa. Ketika menikah 2006, kita putuskan untuk menikmati kebersamaan berdua, saling mengenal satu sama lain dulu ... karena selama berpacaran 3 tahun, hanya lewat internet, telpon atau sms. Diapelin juga hanya setahun sekali :-) Disamping itu sebagai pasangan muda, kita belum memiliki apa-apa ... tinggalpun juga masih nomaden. Tentunya sangat sulit jika kita mempunyai anak dan harus mondar-mandir seperti setrika. Disamping jika punya bayi, semua dikerjakan sendiri ... tak akan ada babysitter atau jasa penitipan bayi di mertua ... karena mertua juga cuma bapak dan masih aktif kerja. Yang pasti harus ada persiapan mental dan tentunya juga dan juga material. Juli 2010, akhirnya kita punya tempat tinggal tetap. Oktober 2010 ketika semua sudah settle dan sudah merasa cukup berduaan, akhirnya kita putuskan 'inilah waktunya'.

Dan alhamdulillah Allah SWT mengabulkan ... hanya 2 bulan dari rencana, kita sudah diberi kepercayaan. Padahal sempat juga ada kekhawatiran kalau bakal akan memakan waktu lebih lama mengingat umur juga sudah tak lagi muda. Yang lebih melegakan, selama proses kehamilan, semua sangat lancar. Tak ada keluhan yang berarti ... tak ada acara muntah-muntah, mogok makan, ngidam yang aneh-aneh, gak mengalami mood swing yang parah atau hal lain yang biasa dialami oleh ibu-ibu hamil ... masih bisa melakukan kegiatan sehari-hari tanpa masalah ... hanya merasa cepat capek saja. Dari hasil cek kesehatan, semua juga bagus - mengingat umur yang tergolong ada resiko jika mengandung. Tak perlu ada tambahan suplemen untuk boast fisik. Terakhir cek di obgyn, si dokter malah sampai bertanya aku makan apa kok kondisi bisa se-fit ini ... I guess Indonesian food really works good on me! :-) Perkembangan si bayi juga sangat bagus, semua normal dan dia sangat aktif didalam. Alhamdulillah juga mendapat dukungan dari keluarga disini. Tak lagi bingung perlengkapan bayi ... dari mulai baju, tempat tidur bayi, kereta bayi + tempat duduk bayi di mobil kami dapat gratis dari saudara dan teman. Walaupun bukan barang baru, namun kondisi masih sangat layak dipakai. Kita mikir kebutuhan bayi hanya dipakai untuk beberapa tahun dan setelah itu tak lagi diperlukan ... jadi sayang membuang uang untuk hal yang tidak begitu penting. Sangat bersyukur punya suami yang sangat mengerti dan mendukung. Biar body istri sudah tak lagi seksi masih suka muji dan bikin mood balik bagus lagi :-) BB udah naek 10 kilo! Komen dia 'pregnancy really suits you! you look more beautiful!' ... ouch! that's mind blowing! Tapi biar demikian, gak mau ah sering-sering hamil ... tunggu gimana ntar yang satu ini ... kalau semua berjalan dengan lancar, mungkin 1 lagi kalau diberi kesempatan .... Amien. Aku merasa bersyukur diberi kesempatan untuk mengalaminya .... menjadi calon ibu dan berdoa menjalani peran seorang ibu dalam beberapa bulan. Allah sudah memberi banyak nikmat kepada kita berdua. Tak dipungkiri ada rasa khawatir dan takut apakah kami bisa menjadi orang tua yang baik. Namun kami percaya semua melalui proses belajar. Jika kita membuat kesalahan, bukan berarti kita orang tua yang buruk ... tapi kesalahan-kesalahan itu akan menjadikan pribadi yang lebih baik.

No comments: